Beban Memikul Sebuah Tanggung Jawab

Beban Memikul Sebuah Tanggung Jawab

MyTrueStory - Setiap hari harus melakukan rutinitas yang sama. hari demi hari, bulan demi bulan bahkan tahun demi tahun dilalui dengan melakukan pekerjaan yang sama. Bosankah kau jika harus menghabiskan hidup yang berharga ini hanya untuk melakukan kegiatan yang monoton ?

Meskipun terkadang ada sedikit yang membedakan disetiap harinya, namun inti dari semua masihlah sama. Banting tulang demi mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Terbesit sejenak dibenak, untuk melepaskan atau bahkan menghilangkan semua jeratan tali kehidupan ini agar mendapatkan kehidupan yang bebas.

 Akan tetapi, sebagai seorang manusia yang berakal dan memiliki akhlak, kau tak bisa lari begitu saja dan meninggalkan semuanya dibelakang. Itu semua adalah Tanggung Jawab yang harus dipenuhi sebagai bagian dari menghormati kontrak yang telah disepakati.

Terkadang orang disekitar yang kita cintai dan kasihi tak dapat mengerti beratnya beban yang harus kita pikul. Namun bukan berarti mereka tak memahaminya, merekapun tau jika kita melakukannya demi kebahagian mereka juga.

          Salah satu penyemangat ialah ketika hak yang kita miliki setelah menyelesaikan semua tanggung jawab telah terpenuhi. Hak itu ialah bayaran yang kita dapat setelah bekerja keras selama jangka waktu tertentu meskipun datangnya hanya sekali dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Yap, gajian, hal yang ditunggu-tunggu setiap orang yang telah lelah menyelesaikan tanggung jawab demi mendapatkannya.

Meskipun hasil yang didapat terkadang kurang dengan apa yang dibayangkan seperti tidak lamanya bertahan hasil dari gajian. Terkadang habis hanya dalam hitungan hari, namun adanya gajian merupakan salah satu semangat yang berarti untuk kita dalam menghadapi tanggung jawab yang harus dipenuhi. Adanya rasa tanggung jawab dalam diri kita untuk suatu pekerjaan membuat kita menjadi seorang yang profesional dalam dunia kerja karena kita mampu menyelesaikan apa yang telah menjadi tanggung jawab kita.

Berhentilah mengeluh akan pekerjaan karena itu hanyalah perbuatan sia-sia yang biasanya dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Terus-menerus mengeluh tidak akan menyelesaikan masalah kita, bahkan dapat memperburuknya. Mengeluh akan suatu tanggung jawabpun tak akan membuat kehidupan kita berkembang, karena mengeluh hanyalah cara kita menyalahkan kehidupan akan masalah yang kita alami.

Baca Juga : 

          Sebuah rasa tanggung jawab bukan hanya terdapat dalam sebuah pekerjaan, apapun yang kita lakukan atau pilih harus diberi landasan sebuah tanggung jawab. Tak semua orang dapat menunaikan tanggung jawabnya.

Ketika kita memiliki sebuah masalah, maka hal tersebut merupakan sebuah tanggung jawab yang harus kita selesaikan. Lari dari suatu tanggung jawab merupakan prilaku seorang pengecut, hadapi dan tuntaskan semua masalah yang sudah menjadi tanggung jawabmu. Karena masalah ada untuk diselesaikan bukan diabaikan. Apalagi jika menyalahkan orang lain akan masalah kita agar orang lain dapat memikul beban dari tanggung jawab kita.

          Percayalah, jika kita diberikan tanggung jawab sekecil apapun dan kita dapat menyelesaikannya maka kita akan diberikan tanggung jawab yang lebih besar lagi untuk kedepannya. Namun jika kita sudah lalai akan tanggung jawab yang dianggap kecil maka sampai kapanpun kita akan dianggap orang yang tak bertanggung jawab. Cobalah untuk menyelesaikan sebuah tanggung jawab yang diberikan kepada kita meskipun hal itu dianggap sepele.


Bagaimanapun ini semua adalah tanggung jawab atau sebuah kewajiban yang harus kita penuhi sebagai seorang yang mempunyai komitmen dalam sebuah perjanjian kontrak kerja. Apapun resikonya, semua harus dilalui dengan pikiran yang positif karena kita melakukan ini semua bukan semata-mata untuk kepentingan kita sendiri akan tetapi untuk kepentingan orang-orang tercinta yang ada disekitar kita.
Previous
Next Post »
Terima Kasih Atas Komentarnya