Penyesalan Selalu Datang Terlambat

Nasi Sudah Menjadi Bubur

Penyesalan pasti pernah dialami setiap orang. Tak jarang banyak yang berputus asa mengenai hal tersebut. Penyesalan sendiri itu ialah rasa bersalah akan suatu tindakan, keegoisan, khilaf dan dosa yang telah terlaksana. Terkadang kita berjanji untuk tidak mengulanginya kembali jika diberikan kesempatan kedua atau dalam hal posisi yang sama, dengan lisan ataupun tindakan. Namun penyesalan sebagian besar terjadi karena kita tak akan pernah mendapatkan kesempatan tersebut kembali.

Orang yang menyesal akan dosanya adalah orang yang sadar dan penyesalan merupakan bentuk lain dari hukumannya. Mereka yang sadar, menyadari sesuatu yang salah mengenai dirinya dan berusaha untuk memperbaiki akan kesalahan yang telah terjadi. Setiap manusia tak pernah luput dari salah dan dosa karena kita memang tempatnya akan hal tersebut.
Beberapa penyesalan yang menurut saya sering terjadi dilingkungan sekitar.

Penyesalan karena cinta
Jangan mencintai jika kau tak ingin merasakan kehilangan. Setiap tindakan pasti memiliki sebab dan akibat begitu pula dalam hal perasaan. Memberi lebih kasih sayang, cinta dan keperdulian kepada seseorang memiliki akibat akan kehilangan baik itu dengan dikhianati, disakiti ataupun diselingkuhi.

Penyesalan perihal cinta memanglah suatu konsekuensi jika kita ingin merasa mencintai dan dicintai. Namun jangan pernah kapok atau berlarut-larut dalam penyesalan cinta karena sesungguhnya Tuhan memberikan kita pencerahan bahwa terdapat seseorang diluar sana yang pantas untuk diperjuangkan dengan cinta dan kasih sayang yang tulus.

Jangan pernah menyesali kehadiran seseorang yang pernah mengisi hari-harimu dengan senyuman namun kini menyakitimu dengan kejam juga merupakan suatu ujian. Tuhan menunjukan sisi lain dalam dirinya bahwa ia bukanlah seseorang yang tepat untuk mengisi kekosongan dihatimu.

Percayalah, Tuhan menjauhkan kita dari dia (orang yang menyakitimu) karena sesungguhnya Tuhan telah mempersiapkan jodoh yang lebih baik untuk kita.

Penyesalan akan suatu tindakan
Berpikirlah sebelum bertindak atau kau akan memikirkan hasil dari tindakanmu. Seperti kata saya sebelumnya, manusia adalah tempat salah dan dosa, namun bukan berarti kita harus terus melakukan kesalahan dan dosa. Ketika kita sadar akan perbuatan yang salah dan menyesalinya, saat itulah kita diberi kesempatan untuk bertaubat dan memperbaiki diri kita agar tak pernah mengalami kesalahan yang sama karena setiap kesalahan pasti terdapat hikmah didalamnya.

Salah satu cara Tuhan yang membuat kita menjadi hebat adalah dengan meletakan penyesalan di posisi paling belakang agar kita dapat mengetahui letak kesalahan kita.

Penyesalan karena tak ada kesempatan kedua
Kadang kita baru menyesali sesuatu saat hal tersebut telah terjadi tanpa memikirkan dampak kedepannya. Bahkan, kita baru menyadari sesuatu atau seseorang itu penting setelah kita kehilangannya. Hal tersebut memang tak bisa diperbaiki, akan tetapi kita dapat belajar sesuatu dari peristiwa tersebut dan dapat lebih menghargai apa yang kita miliki atau dapatkan.

Hampir setiap orang pasti pernah berharap ingin mendapatkan kesempatan kedua agar hidupnya dapat berubah menjadi lebih baik. Mereka berandai jika memiliki mesin waktu, mereka akan kembali kemasa lalu untuk memperbaiki apa yang dianggapnya salah. Padahal walaupun bisa, kita tak akan pernah belajar untuk menghargai sesuatu dan tumbuh menjadi lebih dewasa. Masa lalu memanglah tak bisa diubah akan tetapi masih ada masa depan yang cerah jika kita dapat belajar dari masa lalu.

“ Jangan melihat masa lalu dengan penyesalan, namun pandanganlah masa depan dengan harapan.

Sejujurnya banyak penyesalan yang telah saya alami selama hidup didunia ini. Bahkan hingga sekarang masih terdapat beberapa penyesalan yang amat saya sesali karena sangat berpengaruh hingga saat ini. Namun saya masih berusaha belajar dari penyesalan itu dengan mencari hikmahnya dan belajar mengikhlaskan.
Seperti halnya menyesal karena telah menghabiskan usia hingga kepala dua namun ilmu, pengalaman dan kisah hidup saya masih minim jika dibandingkan dengan orang-orang yang seusia saya. terlalu banyak waktu yang saya habiskan untuk hal-hal bodoh dan membuangnya dengan sia-sia tanpa adanya kesan baik dalam hidup saya.

Tak hanya itu, sayapun merasa menyesal hingga saat ini belum bisa membahagiakan kedua orang tua bahkan memberikan waktu luang untuk bersamapun saya tak bisa. Saya terlalu mengejar cita-cita dan harapan tanpa memperdulikan orang-orang yang mencintai dan saya cintai.

Semoga ini semua belum terlambat agar tak ada penyesalan yang lebih besar dan mendalam dikemudian hari. Karena sesungguhnya kita akan benar-benar menyesal ketika kita sedang berusaha untuk mencapai sesuatu namun harus kehilangan seseorang yang berarti dalam hidup kita tanpa bisa memberikan rasa perhatian lebih kepadanya.

Kita tak dapat menuntut Tuhan agar mengembalikan kita kewaktu yang  diinginkan untuk sekadar mendapatkan kembali kesempatan yang pernah hilang ataupun memperbaiki suatu kesalahan yang pernah terjadi karena sesungguhnya sesuatu yang sudah terjadi biarlah terjadi.
Nasi memang sudah menjadi bubur akan tetapi alangkah baiknya jika diberikan seledri, potongan ayam, kacang dan kerupuk agar menjadi bubur yang spesial.

Adanya rasa menyesal akan mengajarkan kita untuk dapat menyikapi suatu masalah dengan kearifan dan berpikir secara dewasa untuk kedepannya karena jika kita melakukan kesalahan dan tak ada sedikitpun rasa menyesal, maka kita tak akan pernah belajar bagaimana menjadi seseorang yang lebih baik lagi. Rasa penyesalan membuat kita berpikir bahwa seandainya jika kita bisa dihadapkan dengan persoalan atau kejadian yang sama, kita dapat memperbaikinya dan tidak akan jatuh kelubang yang sama. Dalam perihal menyesalpun janganlah terlalu terlarut atau terus-menerus memikirkannya, ambilah sisi positif -hikmah- dari setiap penyesalan yang pernah ada.


Nah, itulah beberapa pembahasan akan penyesalan dengan beberapa kata mutiara atau quotes yang pernah saya dapatkan dari berbagai sumber dan saat ini saya mencoba untuk mengimplementasikan dalam kehidupan saya. semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian yang saat ini sedang merasakan penyesalan dan dapat memberi inspirasi bagi kalian semua. Terima Kasih telah membacanya.
Previous
Next Post »

5 komentar

Click here for komentar
Dwi Siswanto
admin
2/21/17, 8:01 AM ×

Keren banget,,min info sekalian curhat..mantap...

Reply
avatar
Admin MY
admin
2/21/17, 12:16 PM ×

Hehe, Terima kasih gan.. saya hanya ingin berbagi kisah akan penyesalan.. sekali lagi, Terima kasih sudah mau berkunjung dan berkomentar..

Reply
avatar
2/22/17, 5:53 AM ×

Kayanya kurang panjang artikel nya, minπŸ˜‚πŸ˜‚

Reply
avatar
2/22/17, 5:54 AM ×

Kayanya kurang panjang artikel nya, minπŸ˜‚πŸ˜‚

Reply
avatar
Admin MY
admin
2/22/17, 8:42 AM ×

ya memang sengaja, ini cuma diambil poin-poin yang pentingnya aja.. kalau kepanjangan juga takutnya bikin bosen tulisannya yang terlalu banyak basa-basi.. Terima kasih telah berkunjung dan memberi komentar..

Reply
avatar
Terima Kasih Atas Komentarnya